Bingung Memilih D3, Kebidanan, D4 Kebidanan atau S1 Kebidanan? Ini Perbedaannya.

Satu hal yang digaris bawahi adalah kebimbangan dalam memilih jurusan itu sangatlah wajar. Meski sudah banyak mencari info, keraguan sering kali tak hilang malah, celakanya, kadang makin bertambah. Nah lho?! Meski sudah dipersempit opsinya hanya di jurusan Kebidanan, kadang tetap saja masih bingung harus memilih di D3 Kebidanan, D4 kebidanan, atau S1 Kebidanan.

Penjelasan gampangnya begini, jika kamu mengambil program diploma maka sama saja dengan bersekolah di SMK. Why, karena itu bentuk kuliah vokasi. Kamu dilatih agar terampil di bidang tertentu, dalam hal ini ya kebidanan itu. Kuliahnya akan lebih banyak praktek ketimbang teorinya. Ya let's say 60% praktek, 40% teori. Sedang, apabila memilih S1 kebidanan maka hal itu serupa dengan saat kalian bersekolah di SMA. Materi kuliahnya lebih banyak teori, praktik hanya sedikit. Bisa dibilang kebalikannya dari program diploma, 60% praktek, 40% teori. Disini kamu dilatih untuk menjadi ahli atau akademisi.

Paham kan? Sederhana kok, diploma (D3/D4 Kebidanan) itu SMK, S1 Kebidanan itu SMA.

Nah, sekarang apa bedanya D3 Kebidanan dan D4 Kebidanan? Bedanya adalah jika kamu mengambil D4 Kebidanan maka kamu bisa buka praktek sekaligus menjadi Dosen. Kalau D3 Kebidanan hanya bisa praktek saja.

Secara teori, yang bisa menjadi dosen adalah lulusan S2, akan tetapi kenyataannya, bahkan, ada saja kampus yang dosennya masih D3 Kebidanan. Tapi yang kayak gini menyalahi aturan! D4 Kebidanan lebih mungkin menjadi pendidik, karena kurikulum kuliahnya juga diajarkan untuk menjadi pendidik. Beda dengan D3 Kebidanan. Selain itu juga, dari D4 Kebidanan kamu langsung bisa ke S2 Kebidanan, karena D4 Kebidanan itu setara dengan S1 Kebidanan. Beda dengan D3 Kebidanan, kamu tak bisa langsung ke S2, harus ke D4 dulu. Dengan ijazah S2 kebidanan, kamu bisa secara legal mengajar.

Perbedaan lain dari D3 dan D4 kebidanan adalah jika kalian menjadi PNS maka ijazah D3 kebidanan hanya bisa membuat kalian mendapat Golongan awal IIc dan maksimal IIIC, sementara itu ijazah D4 golongan awalnya adalah IIIa dan bisa digunakan sampai maksimal golongan IVc. FYI, tiap golongan memiliki gaji yang berbeda-beda.

Nah, kalau kesamaannya adalah baik D3 Kebidanan dan D4 Kebidanan sama-sama bisa buka praktek.

Jika sudah mengetahui perbedaan antara keduanya, sekarang tinggal melihat motivasimu berkuliah. Jika hanya ingin menjadi bidan, maka D3 kebidanan pilihan tepat. Jika ingin masa studi yang lebih singkat, maka D3 Kebidanan adalah opsi terbaik. Jika mencari biaya kuliah yang lebih murah, tentu saja D3 Kebidanan menjadi program studi yang masuk akal. Tapi, jika ingin kemungkinan lapangan kerja yang lebih banyak, sudah pasti D4 Kebidanan adalah jawabannya,

Bagaimana? Sudah jelas bukan.

Sekarang coba kita lihat perbedaan D3 Kebidanan & D4 Kebidanan dengan S1 Kebidanan. Perbedaan mendasar dari program diploma kebidanan dan S1 kebidanan adalah tentu saja lamanya kuliah :) Kesemua program studi itu pada akhirnya bisa membuka praktek. Akan tetapi, proses pendidikan S1 kebidanan yang lebih ke keilmuan, maksudnya adalah materi kuliah jurusan ini lebih ke telaah keilmuan kebidanan. Dari S1 Kebidanan kalian bisa dengan gampang ke S2 Kebidanan, karena jurusan yang linier. Perbedaan lain berkaitan dengan gelar, jika kamu di D3 Kebidanan akan mendapat gelar A.Md, sedang jika D4 akan memperoleh gelar S.ST atau sarjana sains terapan. Kalau istilah bule-nya adalah Bachelor of Applied Science. Sementara itu, jika kalian kuliah S1 Kebidanan maka gelarmu adalah S.Keb.

That's it. Itu perbedaan antara ketiganya, juga kesemaannya, hope it helps.
Bingung Memilih D3, Kebidanan, D4 Kebidanan atau S1 Kebidanan? Ini Perbedaannya. Bingung Memilih D3, Kebidanan, D4 Kebidanan atau S1 Kebidanan? Ini Perbedaannya. Reviewed by Admin on 6:30 AM Rating: 5

100 comments:

  1. Mksih kak infony,klo D4 kebidanan hrus D3 dlu ya? Gk bsa dr SMA lngsung D4?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Tinggal dipilih saja kampus yang menyediakan jurusan D4 Kebidanan.

      Delete
    2. Kak kalo kita udah lulus D4 emang bisa langsung S2 yaa?
      Ngak nglewatin S1 dulu gitu.??

      Delete
    3. Engga karena D4 kebidanan sudah setara dengan S1, jadi kalo kau lanjut lngsung ke S2 aja

      Delete
  2. bisa langsung dari sma..hanya bedanya ,,kalau D3 kulianya 3 tahun dpt gelar Amd , kalau D4 kulianya 4 tahun sama dgn S1.

    dan kalau mau ke S2 kebidanan, kalau D4 dan S1 bisa langsung, kalau D3 harus nyambung D4 dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah membantu menjawab.

      Delete
    2. bantu jawab, untuk S1 Kebidanan Unair lama kuliahnya adalah 8semester preklinik (program Sarjana) dan 1tahun klinik (program profesi). sehingga gelarnya S. Keb., Bd.

      Delete
    3. Min klau kita yang dri d3 bidan, mau lanjut sampe s2 tpi awalnya ambil apa yah? (Yg selsainya cept gitu)

      Delete
  3. Kalau utk d4 kbidanan, apakah ada wacana ikut profesi utk pnyetaraan atau langsung ke s2 dgn ijazah d4 ya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wacana nya memang ada mb..tp smpi saat ini utk S2 kebidanan msh bisa D4 tanpa profesi,,krn smpi saat ni blum ada institusi yg membuka pend profesi bidan utk D4

      Delete
  4. kalau D4 bisa melamar PNS nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya bisa terus bisa melanjutkan ke s2 kalau mau jadi dosen atau bidan pendidik

      Delete
  5. Alo. Mw jadi bidan .. Tapi posisi sudah menikah bisa enggak yaa ? Trus kalo paket c bisa g yaaa tq

    ReplyDelete
  6. terimakasih mas untuk infonya..mw klarifikasi saja mas untuk D3 kalau jadi PNS gol IIC, sedangkan untuk D4/S1 IIIA, kemudian untuk S1 kebidanan + profesi boleh buka praktik karena kami juga mendapatkan STR (surat tanda tregistrasi) untuk membuat surat izin praktik... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi dari D3 mending S1+Profesi atau D4 kak baru lanjut profesi?

      Delete
    2. Bingung milih D3 ato D4 kebidanan

      Delete
    3. dari d3 mending ambil s1+profesi karena d4 ke profesi jarang ya. aturan terbaru klo buka praktek harus uda profesi soalnya

      Delete
  7. admin mau tanya klo d3 menruskan d4 apa bisa? dan brpa lama?

    ReplyDelete
  8. Untuk menjadi dosen apakah harus lulusan s2 kebidanan ... kalau lulusan s2 ilmu kesehatan bisa gak ya?

    ReplyDelete
  9. Kalo dari S1 kebidanan bisa buka praktik kan kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa,, tapi syarat yg trbaru yg berlaku hrus lanjut profesi bidan yg setara dengan ners

      Delete
  10. Kalo S1 kebidanan bisa buka praktik nggak kak?

    ReplyDelete
  11. Terimakasih atas informasinya
    Sedikit klarifikasi saja. S1 Kebidanan juga bisa buka praktik. Karena S1 Kebidanan setelah 4 tahun kuliah juga ditambah dengan 1 tahun profesi. Lulusan S1 Kebidanan juga memiliki STR yang dapat digunakan selanjutnya untuk mengurus SIPB.

    ReplyDelete
  12. saya mau tanya kalo lulusan d4 kebidanan itu kan artinya bidan pendidik, apa bisa buka praktek? mohon penjelasanya hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. lulusan d4 itu bukan hnya berarti bidan pendidik sayaaang, tergantung pada institusi yg membuka d4 bidan tersebut.. ada d4 bidan umum, klinik, komunitas dan pendidik smuanya bida buka praktik asal ada STR, SIPB dan lulusan profesi

      Delete
    2. Kalo D1 kebidanan mau lanjut ke S2 brp lama min?

      Delete
  13. kak saya mau nanya, kalau dari lulus SMA langsung ke S1 kebidanan bisa nggak ya? atau harus D3 sama D4 aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya bisa kayak di universitas brawijaya buka pendaftaran S1 kebidanan itu dri SMA/SMK

      Delete
    2. Kak mau nanya, kalau lulus s1 , bisa lanjut profesinya di beda univ?? Atau harhs di univ yang sama?? Kak mana besar peluang kerja d3 atau profesi??

      Delete
    3. Kak mau tanya universitas brawijaya itu bisa menerima alih jenjang dari D3 kebidanab mau lanjut ke s1 kebidanan ga ya?

      Delete
    4. unair ada alih jenis ada nerima diploma buat jd sarjana+profesi. kalau ditanya besar peluang d3 atau profesi, jelas profesi krn bs buka praktek peraturan terbaru d3aja ga bole buka praktek

      Delete
  14. Assalamualaikum min kalau tau nih yah sya mau tanya kalau kuliah D-IV kebidanan di universitas aisyiyah Jogja itu brapa tahun yah ?

    ReplyDelete
  15. Sebaiknya pilih S1 Kebidanan karena sudah termasuk profesi sehingga diakui, berbeda dengan D4 belum ada STR dan profesi D4 sehingga masih menggantung. Namun kenyataan dilapangan D3 lebih diperlukan jarang ada loker D4 atau S1.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk D4 kebidanan sudah bisa ambilprofes, utk sekarang ini baru poltekkes semarang saja yg da program profesi utk d4 dan bisa mengikuti ukom sehingga bisa memperoleh STR,

      Delete
  16. Kalau D3 kebidanan bisa buka praktek sendiri gak kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut peraturan terbaru uda ga boleh buka praktek mandiri, harus sekola profesi dulu, jd mending pilih s1 karena sekolahnya uda sepaket sama profesi kayak di unajr

      Delete
  17. Replies
    1. Ya kalo mau mending S1 aja si menururku loh yaaa:).

      Delete
  18. Kak mau nanya, bedanya kebidanan di universitas sama di poltekes aoa? Terus lebih baik di universitas atau poltekkes?

    ReplyDelete
  19. Ka mau nanya donk ,, kalo S1 itu brapa thun sii yah ka ? Terima kasih ka ,, 🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum kak mau tanya,kalau kita tamatan D3 trus lnjut ke S1 ,msih ada pratik lapangan nya ngk kak?
      dan apa Msih melakukan skripsi kak?

      Delete
  20. Kak mau nanya dong kalau smk jurusan multimedia bisa gak diterima masuk bidan

    ReplyDelete
  21. kak mau tanya kalau dari d3 sudah lulus dan mau lanjut ke s1 itu bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bs sayang.. Kalo dari D3 ke S1 bisa tapi saat ini sepertinya hanya di unair yg terima D3 ke S1

      Delete
    2. Maaf kak mau tanya, saya kan lulud D3 Kebidanan,itu bisa langsung lanjut S1 kebidanan kan? Brpa lama yah kuliahnya? Makasih..

      Delete
  22. Kak pendidikan bidan s1 di aisyiyah Bisa buka prater lah,kalo I'd lulus

    ReplyDelete
  23. Apakah lulusan smk administrasi perkantoran bisa masuk ke d3 kebidanan ? Mohon bantuannya karena anak saya smk adm perkantoran ingin sekali masuk kebidanan , saya tanya berbagai stikes d3 kebidanan ada yang bisa ada yang tidak !!

    ReplyDelete
  24. Kak mau nanya kalo Dari D3 trus kerja 1 tahun dan mau lanjut ke S1 bisa ga tidak lanjut ke D4 dlu karena gamau pendidik

    ReplyDelete
  25. Kak mau tanya kalo lulusan D3 mau lanjut S1 kira2 brp tahun? Univ di jabodetabek yg ada S1 di mana ya ka?

    ReplyDelete
  26. Kakak mau tanya nih misal ya aku ambil s1 bidan itu kan 4tahun. Nah apakah langsung ada tambahannya yg 1tahun itu untul lanjut ke profesi bidan atau daftar lagi di profesi bidan?

    ReplyDelete
  27. Ka, kalau dr sma langsunv ambil profesi kebidanan bisa ga?

    ReplyDelete
  28. Kaka menurut kaka dari smk bisa tidak lngsung masuk ke S1 kebidanan kaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja kalau snm sbm smk bisa masuk karena s1 kebidanan biasanya ada di universitas jd jalir masuk lewat situ

      Delete
  29. Terima kasih banyak untuk informasinya:) sangat membantu saya yang sekarang sedang galau, setelah baca ini galau nya bisa teratasi:) Terima Kasih

    ReplyDelete
  30. kak mau tanya kalo d4 dan s1 kebidanan ada di universitas mana? trus lebih baik ambil universitas/poltekkes?

    ReplyDelete
  31. Kak saya adalah siswi Smk yang mau lulus, tp saya jurusan tata busana , apa bisa lulusan smk pariwisata seperti itu masuk ke akademi kebidanan? Sedangkan minat saya ke akademi kebidanan sangat tinggi . Terimakasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisaa dek.. Saya lulusan smk teknik komputer dan sekarang lanjut ke D3 kebidanan disalah satu kampus dijawa tengah..

      Delete
    2. Klo tamat pake paket c bisa gak, soalnya anak saya tamatan pondok pesantren, tapi pengen jadi bidan?

      Delete
  32. Kak jadi kalo untuk tahun tahun sekarang lebih baik ngambil d3 ,d4 atau s1 ya?

    ReplyDelete
  33. Kak jadi kalo untuk tahun tahun sekarang lebih baik ngambil d3 ,d4 atau s1 ya?

    ReplyDelete
  34. Mau tanya kalo D3 lanjut ke S1 gimana tuh min?? Berapa tahun kuliahnya??

    ReplyDelete
  35. Kak klau kita D3 ni kak,stelah itu kita mau ambil S1 ,itu kita kuliah di D4 nya kak?,setelah itu klau mau nyambung ambil S2,maksud dari ners itu apa kak,ambil profesi bidan atau apa kak?

    ReplyDelete
  36. Ka bisa nggak kalo lulus SMA langsung ambil S1 kebidanan...trus berapa lama kuliahnya S1

    ReplyDelete
  37. Kak denger2 saat ini lulusan D3 tdk bisa buka praktek,apakah bnr?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya harus lanjut D4/s1 lalu ambil profesi untuk mendapatkan STR agar bisa buka praktek

      Delete
  38. Kak saya mau tanya,sayakan smk jurusan adm perkantoran,bisa gk kuliah d4 kebidanan
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  39. lulusan D3 bidan mau melanjutkan ke d4 atau S1 , bisa kasih saran sebaiknya mengambil d4 atau S1 , dan bisa kasih sedikit info univ atau institutnya , terima kasih☺️

    ReplyDelete
  40. Kak mau tanya sekarang saya masih kelas 3 smk jurusan keperawatan apakah saya bisa lanjut ke d4 kebidanan

    ReplyDelete
  41. Permisi mau nanya D4 bisa buka praktek gak?

    ReplyDelete
  42. Mau nanya , kalo lulus SMA langsung lanjut s1 kebidanan bisa gak ya?? Di jawab ya kak tolong hehe

    ReplyDelete
  43. Loker yang paling banyak dibutuh itu lulusan D3,D4 atau S1 ya kak? Tolong direspon ya🙏

    ReplyDelete
  44. Mau tanya... klo S1 Kebidanan itu udh bisa langsung kerja kan ya? Atau harus ambil profesi bidan dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setauku bisa kerja jd akademisi asisten dosen dll tapi gberhak megang pasien karena dinilai kemampuan praktek nya belum memadai. s1 sayang banget ga ngelanjutin prpfesi kan biasanya uda sepaket

      Delete
  45. Kak mau nanya , kalau lulusan s1 kebidanan , bisa lanjut profesinya di univ lain??

    ReplyDelete
  46. Apakah poltekes denpasar d4 profesi sarjana kebidanan lulus apakah sdh dpt gelar dan bisa buka praktek. Apakah harus ujian profesi kebidanan lagi

    ReplyDelete
  47. ka,kalo d3 itu bisa pns juga kan?

    ReplyDelete
  48. KK kalo seandainya kita mau kuliah tapi posisi kita dah nikah ap bisa kuliah kebidanan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, aku juga rencana Lulus Smk ini mau nikah dulu, baru kuliah ambil D4 kebidanan. Bisa engga ya? Terus kalo dari D4 Kebidanan bisa langsung Kerja kan?

      Delete
  49. saya sudah menikah umur 26 tahun punya 1 anak dan sudah menyelesaikan kuliah hukum s2 dengan gelar SH, MH.
    apakah masih bisa masuk kuliah bidan?

    ReplyDelete
  50. Saya lulusan d3 kebidanan...
    Mau melanjutkan ke s1,
    Tapi saya bingung kak,
    Apakah bisa langsung s1?
    Atau lanjut d4 dulu baru s1, gimana si kak sistemnya?
    Terimakasi kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kak d3 ke s1 contohnya ambil prodi alih jenjang di unair

      Delete
  51. Kak saya kn awalnya kuliah D3 terus mau pindah tapi bingung antara melanjutkan D3Nya atau ambil di S1, tetapi lapangan kerjanya kebanyakan D3, jadi yg lebih baik yg mana ya kak?

    ReplyDelete
  52. Kak universitas brawijaya menerima alih jenjang s1 kebidanan ga? Jadi dari lulusan D3 mau lanjut s1 di ub

    ReplyDelete

Powered by Blogger.