Politeknik Kesehatan Semarang (Pendaftaran 2015)



Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang pada awalnya merupakan penggabungan dari 11 (sebelas) Akademi Kesehatan milik Departemen Kesehatan RI di Propinsi Jawa Tengah, yaitu Akademi Keperawatan Depkes Semarang, Purwokerto, Pekalongan, Blora dan Magelang, Akademi Kebidanan Depkes Semarang dan Magelang, Akademi Gizi Depkes Semarang, Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Depkes Semarang, Akademi Kesehatan Gigi Depkes Semarang serta Akademi Kesehatan Lingkungan Depkes Purwokerto yang selanjutnya menjadi Jurusan dan Program Studi di lingkungan Politeknik Kesehatan Depkes Semarang.

Politeknik Kesehatan Depkes Semarang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial RI Nomor 298 / MENKES-KESOS / SK / IV/ 2001 tanggal 16 April 2001 dan terakhir diubah dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 890 / MENKES/ VIII/ 2007 tanggal 2 Agustus 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Kesehatan. Berdasar surat dari Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI Nomor TU 05.02/II/II/1535/2010, tanggal 18 Pebruari 2010 tentang Perubahan Nomenklatur Departemen Kesehatan RI menjadi Kementerian Kesehatan RI, maka Politeknik Kesehatan Depkes Semarang berubah menjadi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang.

Dalam perkembangannya, sejak tahun 2005 Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang membuka program studi baru dan kelas unggulan (terdiri dari Program Studi Diploma III Keperawatan, Kebidanan, Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi, dan Kesehatan Gigi) dan program studi baru meliputi Program Studi Diploma IV Teknik Radiologi Semarang, Diploma IV (program transfer) Keperawatan Klinik Semarang meliputi: Kemahiran Medikal Bedah, Kemahiran Kegawat Daruratan dan Kemahiran Kardiovaskuler. Selanjutnya berturut-turut dibuka Program Studi Diploma IV Bidan Pendidik Semarang, Diploma IV Gizi Semarang, Diploma IV Kesehatan Lingkungan Purwokerto, Diploma IV Kesehatan Gigi Komunitas Semarang, Diploma III Kebidanan Purwokerto, Diploma III Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Purwokerto dan Diploma IV Kebidanan Komunitas Magelang. Pada tahun Akademik 2009/2010 dibuka Program Studi Diploma IV Keperawatan Jiwa Magelang dan Jurusan Analis Kesehatan.

Adapun pada tahun akademik 2012/2013, dibuka Prodi Kebidanan Blora dan Prodi D IV nol tahun/non transfer (dari SMA) Keperawatan Gigi, D IV Teknik Radiodiagnostik dan Radiotherapy dan D IV Kesehatan Lingkungan. Pada tahun akademik 2013/2014, dibuka Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan dan D IV (non transfer) Kebidanan Semarang.

Jurusan kebidanan di Politeknik Kesehatan di Kebidanan Magelang DIII, Kebidanan Purwokerto, Kebidanan Semarang, Kebidanan Magelang DIV memperoleh akreditasi B. Di tempat-tempat itulah sebaiknya kalian memilih jurusan kebidanan. Prosedur dan syarat-syarat pendaftaran di Politekkes Semarang bisa kalian baca di artikel ini.


Prosedur Seleksi Penerimaan Jalur Umum

  1. Melakukan pendaftaran secara online di http://sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id
  2. Mengisi form pendaftaran online dengan lengkap dan benar untuk mendapatkan nomor booking dan nomor pembayaran
  3. Melakukan pembayaran di Bank BNI dengan menunjukkan nomor booking dan nomor pembayaran untuk mendapatkan nomor PIN
  4. Melakukan Aktivasi pendaftaran untuk mendapatkan nomor pendaftaran
  5. Melakukan login dan mencetak berkas pendaftaran
  6. Mengirimkan berkas pendaftaran


Persyaratan Pendaftar

  • Lulusan SMA/MA dan Ujian Persamaan IPA dan IPS.
  • Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan kompetensi keahlian tertentu dapat mendaftar untuk pilihan Prodi sebagai berikut:




  • Umur maksimal 27 tahun per 1 September 2015
  • Berbadan sehat, tidak buta warna, tidak tuna fisik yang dapat mengganggu proses pembelajaran dan dalam menjalankan tugas keprofesiannya kelak.
  • Tinggi badan untuk pilihan jurusan / program studi Keperawatan, Kebidanan, Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi, Analis Kesehatan, Rekam Medis dan Informasi Kesehatan minimal:

Laki-laki : 155 cm
Wanita : 150 cm

  • Khusus peserta seleksi dengan pilihan Jurusan Kebidanan adalah perempuan.
  • Membayar biaya pendaftaran seleksi.

Persyaratan Penerimaan
Lulus dari Satuan Pendidikan (SMA/MA/SMK), lulus seleksi Ujian Tertulis dan Ujian Kesehatan dan memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Mekanisme Pendaftaran

  • Calon mahasiswa melakukan Pendaftaran secara on-line melalui situs sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id
  • Mekanisme dan tata cara pengisian formulir pendaftaran on-line dapat diunduh (download) melalui situs sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id . Pendaftaran dilakukan dengan cara mengisi form pendaftaran on-line dengan lengkap dan benar. Peserta seleksi akan memperoleh nomor booking dan nomor pembayaran biaya pendaftaran sipenmaru di Bank BNI 46. Bank BNI 46 akan memberikan bukti setor biaya sipenmaru yang didalamnya tercetak PIN untuk login aktivasi mencetak kartu peserta dan berkas pendaftaran.
  • Ketentuan Pilihan I dan II

a. Peserta seleksi dapat memilih 1 (satu) atau 2 (dua) pilihan Program Studi
b. Khusus pilihan II hanya dibuka untuk Program Studi di bawah ini :


  • Waktu pendaftaran on line : 27 April s.d 19 Juni 2015
  • Calon mahasiswa yang telah selesai melakukan pendaftaran on line diwajibkan mengirimkan berkas persyaratan pendaftaran kepada Panitia Seleksi sesuai tanggal yang ditentukan dan dikirim ke alamat kampus/lokasi yang menjadi pilihan tempat ujian. Persyaratan Pendaftaran yang wajib dikirim ke panitia adalah:

a. Formulir Pendaftaran yang telah ditempel foto dan ditandatangani.
b. Kartu Peserta Ujian yang telah ditempel foto dan ditandatangani pendaftar
c. Foto copy Ijazah yang telah dilegalisir.
Lulusan 2015 yang belum menerima ijazah, dapat menggunakan SKHUN atau Surat Keterangan dari Kepala Sekolah yang menyatakan pendaftar adalah siswa kelas XII yang telah mengikuti Ujian Nasional Tahun 2015.
Dalam SKHUN / Surat Keterangan kelas XII agar dicantumkan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
d. Pas Foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 3 lembar (ditempel pada point a dan b)
e. Surat keterangan berbadan sehat, tidak buta warna, tidak tuna fisik dan mencantumkan tinggi badan dan berat badan yang dikeluarkan oleh fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah (Puskesmas / Rumah Sakit)
f. Bukti setor biaya pendaftaran seleksi dari Bank BNI 46.
Biaya pendaftaran seleksi: - Rp. 125.000,00 untuk 1 Pilihan.
 - Rp. 150.000,00 untuk 2 Pilihan.
disetorkan melalui Bank BNI 46 di seluruh Indonesia.
g. Khusus bagi pendaftar/peserta seleksi yang menggunakan Surat Keterangan kelas XII dan telah mengikuti Ujian Nasional 2015 diwajibkan menyertakan Surat Pernyataan bahwa apabila lulus nominasi dan diterima sebagai calon mahasiswa baru tetapi tidak lulus dari satuan pendidikannya maka dinyatakan Gugur.
 Semua berkas persyaratan pendaftaran dimasukkan ke dalam stofmap dengan warna sebagai berikut: 


Sudah itu saja? Tentu saja masih ada langkah-langkah selanjutnya. Download saja PETUNJUK TEKNIS SIPENMARU POLTEKKES. Atau kunjungi saja situs resminya di http://sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id/

Politeknik Kesehatan Semarang (Pendaftaran 2015) Politeknik Kesehatan Semarang (Pendaftaran 2015) Reviewed by Admin on 7:11 AM Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.